Proposal Pembuatan CD Interaktif Mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja Dalam Menggunakan Komputer

A.     PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan suatu unsur penting dalam kemajuan suatu bangsa. Dengan pendidikan, suatu bangsa dapat mengembangkan segala aspek baik aspek sosial, budaya, maupun aspek teknologi. Sehingga pada saat ini pendidikan menjadi topik utama pembicaraan di mana-mana.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kemajuan teknologi berkembang dengan pesat. Teknologi komputer bukan barang yang baru lagi walaupun ada sebagian orang belum bisa mengoperasikannya. Komputer membawa dampak yang luar biasa bagi berbagai bidang kehidupan manusia terutama bidang pendidikan. Salah satu usaha meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan menggunakan media komputer sebagai media pembelajaran. Komputer dijadikan sebagai alat untuk menyampaikan materi, alat peraga, serta alat untuk menunjang latihan siswa.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Dalam bidang pendidikan pemanfaatan teknologi komputer, informasi dan komunikasi (selanjutnya dikemas dengan istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi) telah menarik perhatian profesional dan praktisi pendidikan untuk melakukan kajian, pengembangan dan pemanfaatannya. Banyak ahli pendidikan yang berpendapat bahwa TIK memiliki potensi yang amat besar untuk membantu guru dan siswa dalam pembelajaran di kelas formal maupun kelas maya. 
Salah satu kegiatan pokok di sekolah adalah proses pembelajaran, oleh karenanya guru memiliki peran yang sangat penting. Guru harus mampu menjabarkan pokok-pokok tujuan pembelajaran yang kemudian mentransformasikannya kepada siswa. Pada era teknologi informasi dan komunikasi guru dituntut untuk mampu memahami dan memanfaatkannya. Teknologi informasi dan komunikasi berbasis komputer mengandung berbagai presentasi visual yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Presentasi multimedia dapat membantu pembelajaran secara audio visual yang dapat didesain dengan memanfaatkan animasi, warna, suara dan pengembangan materi pembelajaran melalui pemanfaatan jaringan internet. Namun kenyataannya masih terdapat guru yang belum memanfaatkan teknologi tersebut sebagai media pembelajaran. Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media, dapat meningkatkan dan mempengaruhi kualitas hasil pembelajaran.Oleh karena itu peneliti disini mencoba mengambil judul “CD Interaktive mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja Dalam Menggunakan Komputer”
B.      TUJUAN
Pembuatan animasi ini dilakukan dengan tujuan memenuhi tugas akhir mata kuliah “Animasi Media Pembelajaran” dengan dosen kami Bpk Muhammad Adri S.Pd,MT yang melakukan pembahasan mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja Dalam Menggunakan Komputer .
C.      PEMBATASAN MASALAH
Perancang akan melakukan pembatasan lingkup masalah, sehingga pembuatan  menjadi lebih terfokus. Perancang ini hanya akan membahas kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan komputer dengan menggunakan animasi yang menarik serta mudah dimengerti oleh siswa pada umumnya.
D.     KAJIAN TEORITIS
Dalam membuat cd interaktif ini kita menggunakan beberapa software diantaranya : macromedia flash dan director.Untuk merancang cd interaktif ini agar lebih terarah mari kita rancang kegiatan mind mapping dengan program Mindjet Mind Manager .



E.      Prosedur Pembuatan CD Interaktif
a.      Persiapan
·        Persiapan dilakukan agar penelitian yang akan dilaksanakan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.
·        Penyusunan proposal kegiatan
·        Pembuatan rencana kerja
b.      Pelaksanaan
·        Pembuatan CD Interaktif ini dilakukan mulai dari tanggal 12 Oktober 2010 sampai dengan akhir semester ganjil ini guna memenuhi tugas akhir mata kuliah animasi media pembelajaran.
F.       DAFTAR PUSTAKA
a.       Fairus N.H (2002), Teknologi Informasi dan Komunikasi , Ganeca Exact: Bandung.

0 Response to "Proposal Pembuatan CD Interaktif Mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja Dalam Menggunakan Komputer"

Posting Komentar